VALENTINO ROSSI: LAGUNA SECA SULIT TAPI MENYENANGKAN
Valentino
Rossi menyebut Mazda Raceway Laguna Seca merupakan sirkuit yang sulit
namun menyenangkan untuk dipakai membesut motor Desmosedici GP12.
Laguna Seca yang terletak di Monterey, California
bakal menyelenggarakan episode kesepuluh MotoGP 2012 akhir pekan ini.
Trek sepanjang 3.610 meter tersebut menjadikannya sebagai salah satu
sirkuit terpendek yang ada di kalender MotoGP.
Laguna Seca
memiliki 7 tikungan ke kiri dan 4 tikungan ke kanan. Salah satu tikungan
yang terkenal adalah Corkscrew yang membentang dari tikungan 8 dan 8A.
Valentino Rossi mengatakan: “Laguna merupakan sebuah trek sulit dengan
adanya banyak permukaan yang tidak rata dan perubahan ketinggian. Tetapi
sirkuitnya juga indah dan menyenangkan. Sebagian dikarenakan treknya
agak jadul. Saya sungguh menyukai fansnya dan atmosfernya.”
Filippo Preziosi telah mengumumkan kalau modifikasi baru pada mesin
keempat yang bakal dipakai Valentino Rossi dan Nicky Hayden siap dipakai
untuk balapan di Laguna Seca.
Meski sempat mendapat sejumlah
masalah teknis saat melakoni tes di Mugello, tetapi Valentino Rossi
berkata: “Meskipun tes di Mugello berakhir lebih awal, kami bisa mulai
bekerja dengan sejumlah hal yang mendetail. Dan mungkin kami akan bisa
mempergunakannya di Laguna, meski bahkan kami akan mencoba paket dalam
jumlah kecil yang sudah disiapkan Ducati.”
Valentino Rossi
telah dapat menaklukkan Sirkuit Laguna Seca dengan memenangkan 32 lap
balapan setelah menjalani duel sengit bersama Casey Stoner pada musim
2008. Sementara pada musim lalu, The Doctor memulai lomba dari grid
ketujuh dan finish keenam setelah ditempel ketat oleh teammatenya, Nicky
Hayden.
“Tahun lalu kami membalap dengan OK di Laguna, jadi
kami akan lihat apa yang akan terjadi akhir pekan ini,” simpul Valentino
Rossi.
Ducati team manager, Vittoriano Guareschi menambahkan:
“Vale sangat dekat untuk bisa berdiri di atas podium saat balapan
Mugello, namun kami harus bisa memberinya kesempatan yang lebih efektif
di sesi kualifikasi.
“Di Laguna kami akan terus bekerja
terhadap settingan yang sudah kami sempurnakan selama beberapa race yang
didasarkan pada kebutuhan yang diperlukan para pembalap kami.
“Kami akan membuka segel mesin keempat untuk Rossi dan Nicky Hayden.
Seperti halnya mesin ketiga yang sudah dipakai, mesin tersebut dibuat
agar kami dapat memasang komponen baru yang kami tujukan untuk
memperbaiki rideability. Untuk balapan ini kami akan memiliki sejumlah
update yang kami coba di tes Mugello. Selanjutnya, pada balapan
berikutnya kami akan memakai update evolusioner secara bertahap.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar