Halaman

Kamis, 26 Juli 2012

Mesin ke 4 Rossi

# Jelang MotoGP Laguna Seca, Rossi Pakai Mesin Keempat.

Lagi… berita soal MotoGP. Jangan bosen yaaaa.. etapi kalo bosen juga nggak apa apa sih. Maklum saya hehehe. Hari Senin 30 Juli 2012 akan dilangsungkan seri Laguna Seca di Amerika Serikat. Seperti biasa yuk ngobrol buat pemanasan jelang balapan.

Udah pada tahukan kalau Ben Spies memutuskan buat keluar dari Yamaha akhir musim ini. Kalo belum tau silakan baca tulisan saya kemarin. Lengkap saya ulas di situ (promo dikit). Jadi buat para penggemar Ben Spies nikmati aksi Ben Spies di rumahnya ini buat kali yang terakhir. Terakhir? Ya bisa jadi karena katanya Ben bakal balik lagi balapan di WSBK.

Amerika Serikat adalah rumahnya pembalap Nicky Hayden, Ben Spies dan Colin Edwards. Tapi sayangnya, walau ada 3 rider tuan rumah yang balapan di trek ini, kans kemenangan mereka cukup tipis. Lawannya berat-berat soalnya. Colin Edwards nggak bisa diharapkan karena menunggang CRT.

Nicky Hayden udah lama banget nggak menang di Laguna Seca. Ia pernah menang di sini tahun 2005 dan 2006 saat masih menunggang Honda. Sementara Ben Spies selama 2 tahun bergabung di Yamaha cuma finis di posisi 4. Saat ini kondisi motor Nicky dan Ben tidak begitu baik. Jadi siap-siap nggak podium deh. Tapi semoga saya salah.

Laguna Seca termasuk trek yang cukup sulit. Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa baru memenangi seri Laguna Seca masing-masing sekali. Hasil lebih baik diperoleh Casey Stoner yang pernah menang 2 kali di sini. Jadi bakal Casey Stoner yang menang dong? Belom tentuuuu..

Semuanya kembali ke performa motor. Jorge Lorenzo memiliki motor yamg lebih stabil dibanding pembalap lain. Liat kan di Mugello? Casey Stoner kerepotan mengendarai Honda yang bermasalah di chatter. Masalah Honda diperparah dengan digunakannya tipe ban yang baru.


# Valentino Rossi, setia menunggumu ke podium (dok.MotoGP.com)

Di Laguna Seca Stoner akan menggunakan mesin baru dan chasis baru. Dani Pedrosa akan menggunakan motor prototype buat balapan 2013 yaitu RC213V. Wuedehhh.. jor jor an nih Honda. Nampaknya peralatan perang Honda ini akan membuat sulit Jorge Lorenzo dalam meraih podium satu.

Mesin baru juga digunakan oleh Valentino Rossi. Tapi mesin baru ini bukanlah mesin baru yang dijanjikan Ducati untuk diberikan pada Vale. Mesin baru ini adalah mesin keempat dari jatah 6 mesin yang digunakan selama satu musim. Seperti biasa, segala perubahan yang dilakukan di Desmosedici harus disambut positif. Yah mudah-mudahan mesin baru ini membawa Vale ke podium.

Saya kangen melihat pertempuran yang pernah berlangsung di Laguna Seca tahun 2008 yang terjadi pada Casey Stoner melawan Valentino Rossi. Vale mengejar Casey sampai Casey harus mepet banget ke gravel. Seru abis. Nggak tau kapan pertempuran itu akan terjadi lagi mengingat motor Vale nggak juga kompetitif dan sisa waktu balapan Casey di MotoGP tinggal 8 seri lagi.

Besok jangan kaget kalau melihat Toni Elias yang udah hengkang dari MotoGP balapan lagi di kelas ini. Toni balapan di atas motor Pramac Ducati karena Hector Barbera mengalami cedera saat latihan dan tidak bisa turun balapan selama 2 seri. Nasib Elias sedang buruk sebenarnya.

Hengkang dari MotoGP dia balik ke Moto2 bergabung dengan tim Aspar. Tapi prestasinya malah jelek juga. Setelah seri Mugello kemarin Elias dan tim Aspar sepakat berpisah. Aspar mengambil pembalap baru dari Spanyol yaitu Jordi Torres (ini siapanya Fernando Torres yak). Sementara Elias belum tau mau bergabung dengan tim apa ke depannya.


#Jorge Lorenzo lagi pura-pura jadi CEO (dok.MotoGP.com)

Pertarungan sengit bisa terjadi lagi di Yamaha Tech3. Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso memang sedang bersaing ketat memperebutkan tempat di Yamaha pabrikan. Misalnya Dovi diangkat ke Yamaha untuk menggantikan Ben Spies, maka Cal pun terlihat ogah untuk tetap di Yamaha Tech3 karena ia, sama seperti Dovi, ingin balapan di tim pabrikan tahun depan.

Lalu mau kemana Cal? Ia tertarik ke Ducati sebenarnya. Tapi itu semua tergantung Valentino Rossi, kalau Vale memang ingin out dari Ducati berarti ada tempat buat Cal. Namun kalau Vale bertahan ya mau tidak mau memang Cal harus tetap bertahan di Yamaha Tech3 menemani Bradley Smith yang akan naik kelas tahun depan.

Oh ya patut ditunggu juga kiprahnya Stefan Bradl. Penampilannya makin hari makin bagus saja. LCR Honda yang sebelumnya tidak menunjukkan taji ketika dibawa Toni Elias berubah jadi garang ketika ditunggangi Stefan Bradl. Kalau performa dia makin bagus bukan tak mungkin Bradl akan naik podium akhirnya.

Laguna Seca hanya melombakan kelas MotoGP jadi kelas Moto2 dan Moto3 istirahat dulu. Sabtu 28 Juli 2012 berlangsung free practice 1 dan 2. Minggu 29 Juli 2012 berlangsung free practice 3 dan sesi kualifikasi. Sementara balapan akan berlangsung Senin 30 Juli 2012 jam 04.00 WIB. Jadi habis sahur jangan tidur dulu yaaaa…

Berikut klasemen sementara MotoGP 2012 :

1. Jorge LORENZO - Yamaha - SPA - 185
2. Dani PEDROSA - Honda - SPA - 166
3. Casey STONER - Honda - AUS - 148
4. Andrea DOVIZIOSO - Yamaha - ITA - 108
5. Cal CRUTCHLOW - Yamaha - GBR - 95
6. Valentino ROSSI - Ducati - ITA - 82
7. Stefan BRADL - Honda - GER - 75
8. Nicky HAYDEN - Ducati - USA - 74
9. Alvaro BAUTISTA - Honda - SPA - 73
10. Ben SPIES - Yamaha - USA - 66
11. Hector BARBERA - Ducati - SPA - 60
12. Randy DE PUNIET - ART - FRA - 28
13. Aleix ESPARGARO - ART - SPA - 26
14. Michele PIRRO - FTR - ITA - 16
15. Mattia PASINI - ART - ITA - 13
16. James ELLISON - ART - GBR - 12
17. Danilo PETRUCCI - Ioda - ITA - 9
18. Colin EDWARDS - Suter - USA - 8
19. Yonny HERNANDEZ - BQR - COL - 6
20. Ivan SILVA - BQR - SPA - 5
21. Karel ABRAHAM - Ducati - CZE - 4

olahraga.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar