Halaman

Kamis, 26 Juli 2012

Ragam Pilihan Spies Setelah Keluar Dari Yamaha

Ragam Pilihan Spies Setelah Keluar Dari Yamaha

Mengambil langkah untuk keluar dari tim Yamaha di akhir musim 2012, memang menyisakan pertanyaan besar dari banyak kalangan, ada apa dengan Ben Spies dan Yamaha musim ini? Yang jelas pembalap asal Amerika itu mengatakan lewat akun twitter miliknya bahwa musim 2013 nanti akan berbeda dengan tahun ini.

Ungkapan ‘berbeda dengan tahun ini’ yang dimaksud Spies, juga tidak diterangkan begitu saja. Sejumlah prediksi pun mulai mengalir. Diantaranya adalah kembali ke tim Yamaha Tech3, gabung ke tim Ducati, kembali ke WSBK dan gabung di tim BMW atau kembali ke AMA (American Motorcyclist Association) Superbike yang membawanya kampiun sebanyak 3 kali bersama Suzuki. Semuanya terbuka cukup lebar.

Kembali ke tim Yamaha Tech3
Beberapa waktu lalu Herve Poncharal sebagai pemilik tim Yamaha Tech3 sudah menegaskan bahwa ia siap dengan senang hati menerima kembali Ben Spies di tim tersebut. Tapi Poncharal justru sangsi jika Spies ingin kembali ke tim yang membesarkan namanya di MotoGP itu. Kemungkinannya pun akan kecil, sebab ia tidak mungkin mau ke tim pabrikan Yamaha lagi kalau pun bisa kompetitif bersama tim Tech3 tahun depan.

Gabung ke tim Ducati
Tim Ducati memang baru terang-terangan mengajukan pinangan kepada Cal Crutchlow sebagai pembalap di tim itu untuk musim 2013. Tapi untuk bergabung dengan tim itu setelah konfirmasi pengunduran diri Spies dari tim Yamaha, sangat mugkin terjadi. Apalagi tahun ini kontrak Nicky Hayden akan berakhir yang berarti Ducati butuh sosok pembalap dari Amerika untuk menunjang sisi bisnis di sana. Meski kemungkinannya masih kecil, tapi ini bisa saja terjadi.

Kembali ke WSBK dan gabung ke tim BMW GoldBet
Musim 2013 mendatang, tim BMW sudah resmi menyatakan penarikan dirinya dari ajang balap WSBK (World Superbike Championship). Mereka akan mengalihkan support utama ke tim BMW Motorrad Italia GoldBet sebagai tim pabrikan. Kemungkinan besar mereka masih menggunakan jasa Marco Melandri karena masih terikat kontrak untuk musim 2013. Namun untuk pembalap kedua, tim ini masih mencari-cari sosok yang tepat.

Di sisi lain, BMW juga pernah mengumumkan bahwa mereka akan masuk ke MotoGP jika regulasi di MotoGP sudah stabil. Mungkin dalam arti tidak ada lagi dua kategori dalam 1 balapan (prototipe dan CRT). Jadi dengan bantuan Spies dan Melandri yang sudah piawai di MotoGP, mereka punya kans besar kembali ke MotoGP beberapa musim mendatang dan membantu pengembangan motor BMW untuk MotoGP agar tampil kompetitif.

Bergabung dengan Suzuki di AMA Superbike
Penarikan diri tim Rizla Suzuki MotoGP di akhir musim 2011 lalu, memang sangat disayangkan sebab itu adalah satu-satunya tim yang menggunakan motor Suzuki di MotoGP. Tapi pihak Suzuki sendiri menegaskan bakal kembali ke MotoGP tahun 2014 setelah pengembangan motor Suzuki GSX-R (inline, sebelumnya GSV-R) rampung dilaksanakan.

Atas dasar ini Spies juga punya jalan yang cukup bagus kembali ke AMA Superbike bersama Suzuki sembari membantu mereka mengembangkan motor. Apalagi sekarang Spies sudah punya pengalaman cukup banyak dengan mesin segaris seperti yang dimiliki oleh motor Yamaha. Kita tunggu pilihan Spies nantinya. (otosport.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar