MotoGP 2013 Masih Terapkan Motor CRT
BOLOGNA - Presiden FIM,
Vito Ippolito, menuturkan bahwa pada musim 2013 mendatang MotoGP akan
tetap terbagi dalam dua kategori mesin. Dengan begitu mesin CRT akan
tetap digunakan beserta mesin pabrikan.
Awalnya mesin CRT sendiri terlahir dari kebutuhan untuk meningkatkan
jumlah pembalap di grid di saat biaya meningkat menyebabkan tim satelit
menjadi lebih sedikit dan bertahan.
Sedangkan, dengan adanya CRT mampu menjaga pengeluaran dan menciptakan kejuaraan balapan MotoGP menjadi dua level di lintasan.
Maka dari itu FIM tetap melanjutkan pemakaian mesin CRT. Ippolito juga
mengungkapkan keputusan tersebut dibuat untuk menciptakan musim balapan
yang lebih kompetitif di musim-musim berikutnya.
“MotoGP akan
melanjutkan kelas CRT, dengan tujuan membangun motor lebih kompetitif
pada balapan MotoGP tahun 2014 berkat pembangunan dan peraturan terbaru.
Skenario akan berubah,” kata Ippolito melalui Motosprint.
Namun, akan tetap diatur untuk dapat perubahan setelah itu, saat Honda
mengumumkan kesiapannya untuk memasok mesin prototipe yang lebih
terjangkau. Dipertahankannya mesin CRT sendiri untuk menggerakan tim
pabrikan yang ada untuk menyediakan mesin prototipe yang lebih murah
mungkin dapat dipenuhi oleh Honda.
“Kami meminta produsen motor
untuk membangun mesin prototipe, yang selama bertahun-tahun menjadi
tujuan saya, tetapi mereka bilang tidak bisa. Jadi, tak ada solusi
selain menciptakan jenis lain dari motor, begitulah sejarah CRT muncul,”
sambungnya.
okezone.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar