Halaman

Kamis, 26 Juli 2012

Tribute : Loris "Capirex" Capirossi

Tribute : Loris "Capirex" Capirossi

Capirex merayakan karir balapnya yang ke 300 kali balapan di MotoGP pada tahun 2010 di sirkuit Losail, Qatar bersama Tim Rizla Suzuki. Loris Capirossi memulai karir internasionalnya dengan dua kali menjadi Juara Dunia di kelas 125cc pada tahun 1990 dan tahun 1991 di bawah naungan Honda. Masih di bawah naungan Pabrikan Honda, tahun 1992 Capirex mulai memasuki kelas baru, yaitu kelas 250cc. Di kelas 250cc ini laju Capirex terganjal oleh Alex Criville. Sehingga pada tahun 1993 Ia hanya mampu menjadi Runner Up dan pada tahun 1994 Capirex hanya bisa bertahan di posisi ke 3.

Tahun 1995, untuk meningkatkan kualitas dan skill balapnya Loris Capirossi pindah ke kelas 500cc bergabung dengan Tim Pileri Honda dan di tahun 1996 bergabung dengan Tim Rainey Yamaha. Sejak bergabung dengan Tim Rainey Yamaha, Capirex hanya mampu memenangi race sekali saja di sirkuit Phillip Island sekaligus dapat mempecundangi rival terberatnya yaitu, Alex Criville dan Mick Doohan. Wal hasil karir Capirossi di tahun 1997 harus turun dari kelas 500cc kembali ke kelas 250cc bersama Tim Aprilia.

Masih di tahun 1997 posisi Capirex digantikan oleh Max Biaggi di skuad Aprilia 250cc. Hasil yg Ia peroleh pun jauh dari harapannya. Dari 6 race Capirex hanya tiga kali naik podium. Ia beranggapan sangat sulit berkompetisi dengan rekan satu timnya, Tetsuya Harada. Di tahun 1998 kembali Capirex masuk ke dalam Tim Aprilia 250cc dan berhasil menjadi Juara Dunia untuk yang pertama kalinya di kelas 250cc.

Memasuki tahun 1999 masih di kelas 250cc, Fausto Gresini selaku Manager Tim dan pemilik Tim Honda Gresini merekrut Capirex. Tetapi Capirex tak bisa berbuat banyak, karna saat itu masih di dominasi oleh kejayaan Valentino Rossi. Sehingga Ia harus puas berada di posisi ke 3 Klasemen para rider kelas 250cc. Tahun 2000 hingga tahun 2002, Capirex mulai hijrah kembali ke kelas para raja 500cc dan bernaung di bawah bendera Tim Sito Pons (Tim Satelit Honda). Loris Capirossi berhasil mengambil satu kemenangan di sirkuit Mugello pada tahun 2000 dan berhasil menduduki posisi 3 besar di tahun 2001 bersama Tim Sito Pons ini. Hingga tahun 2002 Ia hanya mampu bertahan di posisi ke 8.

Baru pada tahun 2003 hingga tahun 2007, Capirex bergabung dgn Tim Pabrikan Ducati. Hasil terbaik saat dengan Tim Ducati adalah menduduki posisi ke 3 pada tahun 2006. Masuk ke tahun 2008 Loris Capirossi hijrah ke Tim Rizla Suzuki hingga tahun 2010. Namun karir balapnya semakin meredup, Bersama Tim ini hasil terbaik dari Capirex adalah posisi ke 10 tahun 2008, posisi ke 9 tahun 2009 dan posisi ke 16 tahun 2010.

Di tahun 2011 ini, Capirex dipercaya untuk kembali ke Tim Ducati, namun hanya sebagai Tim Satelit yaitu Tim Ducati Pramac Racing. Banyak kecelakaan yang dialami Capirex di tahun ini, sehingga Ia memutuskan untuk pensiun di tahun depan di era MotoGP Modern 1000cc. Walau begitu Capirex masih mempunyai keyakinan dan optimistis di akhir karir balapnya. Setelah Ia berhasil mencatat rekor 22 tahun hidup di MotoGP, 300 kali balapan, 3 kali Juara Dunia di kelas yang berbeda. Ia ingin mencatat rekor 100 kali naik podium. Yang saat ini Ia baru mampu mengoleksi 99 kali podium. Sungguh suatu impian yang benar-benar ingin Ia wujudkan.

Namun kini setelah pensiun dari dunia balap MotoGP, Capirex telah resmi menjadi salah seorang petinggi di Organisasi tersebut sebagai Dewan Penasehat Keselamatan Para Rider. Di mana ia harus membawahi beberapa Komisi di tubuh organisasi tersebut, diantaranya adalah Komisi Keselamatan Para Rider yang di dalamnya beranggotakan Valentino Rossi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar